Benah Website Desa, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Buat Struktur dan Tata Kelola Pemerintahan Optimal

  • Aug 14, 2023
  • PUNDENREJO-TAYU

Langkah awal menuju Smart Village, KKN TIM II UNDIP 2023 melalukan pengembangan desa dalam sistem informasi dengan mengoptimalkan website Desa Pundenrejo, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati. Dengan adanya kemajuan teknologi yang berkembang pesat saat ini tentunya masyarakat dapat memperoleh suatu informasi secara online. Informasi tersebut dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat luas untuk mengakses segala informasi yang dibutuhkan. Salah satu informasi yang dibutuhkan masyarakat adalah mengenai informasi pada desa yang mereka tinggali, baik itu informasi mengenai kinerja maupun pelayanan masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah komunikasi dalam suatu desa, antara pegawai pemerintah dengan masyarakat sehingga tidak menimbulkan permasalahan terkait kesalahpahaman suatu informasi. Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2023 Eidel Azra Zahidah, melakukan pengambilan foto diri pada tiap perangkat desa dan mengedit latar belakang foto menjadi lebih resmi. Hal tersebut dilakukan untuk membuat struktur organisasi dan tata kelola pemerintah desa yang baru. Adanya foto dari tiap perangkat desa yang dapat diakses melalui digital website Desa Pundenrejo, memudahkan warga atau pendatang baru mengenali tiap perangkat desa yang ada. Memudahkan pelayanan publik melalui tata kelola pemerintahan yang transparan merupakan salah satu tujuan tercapainya kebutuhan masyarakat.

Website Desa Pundenrejo sudah lama tidak aktif dan tidak dimanfaatkan untuk akses informasi bagi publik. Kemudian, mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2023 menambahkan beberapa informasi yang nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat Desa Pundenrejo. Layin Hariroh, carik Desa Pundenrejo menyampaikan bahwa program kerja mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2023 yaitu benah website desa menjadi program kerja yang membantu dan tepat untuk mengaktifkan kembali wadah dalam menyampaikan informasi secara luas.

Hal utama dalam program kerja benah website desa adalah ilmu pengetahuan dan teknologi pada pengelolaan website yang juga harus dipahami bagi seluruh aparat desa. Hal ini bertujuan supaya program kerja KKN TIM II UNDIP 2023 ini dapat berkelanjutan dan dapat bermanfaat bagi kinerja pegawai desa dan memudahkan akses pelayanan publik. Kedatangan dan kegiatan mahasiswa KKN TIM II UNDIP ini mendapat apresiasi baik dari aparat desa setempat. “Program Kerja KKN TIM II UNDIP bermanfaat seperti pembuatan struktur, yang mana oleh kami tidak ada waktu sehingga tidak bisa membuat. Oleh mahasiswa KKN alhamdulillah bisa dibuatkan sehingga bisa terpenuhi kekurangan,” Papar  ayin Hariroh S.E., salah satu perangkat Desa Pundenrejo yang menjabat sebagai Sekretaris Desa.

Besar harapan KKN TIM II UNDIP 2023 dengan adanya website mampu mengenalkan kepada masyarakat luas bagaimana kondisi maupun transparansi pemerintahan di Desa Pundenrejo melalui media digital.