KEREN!! Terobosan Ajaib Mahasiswa KKN UNDIP Sulap “Sampah Jadi Permata” dengan membuat Eco Paving Block!

  • Aug 12, 2023
  • PUNDENREJO-TAYU

Tayu, Pati (9/8/2023) – Dengan menunjukkan komitmen untuk menjaga lingkungan dan pengembangan komunitas desa, mahasiswa KKN Tim II UNDIP melakukan program kerja dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk memanfaatkan sampah plastik yang ada di Desa Pundenrejo menjadi Eco Paving Block. Mahasiswa KKN mengambil langkah proaktif untuk mengedukasi warga tentang pemilahan dan pengelolaan sampah yang benar. 

Inisiatif ini diawali dengan penyuluhan untuk menumbuhkan budaya memilah sampah dikalangan warga Desa Pundenrejo. Berbekal dengan ilmu yang sudah dipelajari dan dedikasi, Mahasiswa KKN melakukan penyuluhan untuk membedakan antara sampah organik dan anorganik. Penduduk desa belajar tentang dampak pada lingkungan dari pembuangan sampah yang tidak benar dan pentingnya pemilahan sampah untuk pengelolaan sampah yang berkelanjutan. 

Setelah melakukan tahap edukasi, mahasiswa berkolaborasi dengan Karang Taruna Desa “Al-Asyiq” untuk melanjutkan program kerja. Terdapat dua inisiatif yang ingin dicapai yaitu mengatasi limbah sampah plastik dan secara bersamaan membangun sumber pendapatan potensial bagi desa. Mahasiswa KKN memperagakan langsung tentang cara pembuatan eco paving block dengan Karang Taruna serta seluk beluk dalam pengolahan sampah. Penduduk Desa Pundenrejo dengan antusias menyambut kesempatan ini, megakui potensinya tidak hanya untuk mengatasi masalah lingkungan tetapi juga untuk meningkatkan prospek ekonomi desa. Dengan ilmu baru yang didapatkan Karang Taruna dari mahasiswa KKN, memulai proses pembuatan eco paving block. Dengan memadukan sampah plastik dengan sekam padi yang didapatkan dari ladang loka desa, mereka mampu menghasilkan eco paving block yang tahan lama dan ramah lingkungan. 

Dengan masa penugasan mahasiswa KKN yang hamper selesai, mereka meninggalkan warisan tentang kesadaran lingkungan, praktik berkelanjutan, dan pemberdayaan masyarakat desa. Inisiatif ini menjadi bukti tentang kolaborasi dan pemikiran inovatif demi mensejahterakan dan meningkatkan taraf hidup warga Desa Pundenrejo.